Sebelum Naik Gunung Sindoro di Musim Panas, Perhatikan ini

Advertisement

Beberapa hari yang lalu, telah diberikan pengumuman tentang penutupan gunung Sindoro untuk sementara waktu. Hal ini terkait dengan kondisi gunung Sindoro yang mungkin perlu diperhatikan. Sebelum anda merencanakan untuk naik gunung Sindoro di musim panas, perlu anda ketahui (dikutip dari kompas) :

Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Temanggung, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara, Cahyono, di Temanggung, Selasa (7/7), menyebutkan, penutupan jalur pendakian dilakukan karena pada musim kemarau ini, kawasan puncak Gunung Sindoro sangat rawan terbakar.

“Saat ini, 50 persen vegetasi di kawasan puncak Gunung Sindoro mengering sehingga mudah tersulut api. Di lahan yang kering, api pun menyebar dan menjalar lebih cepat,” ujarnya. Vegetasi yang tumbuh di kawasan puncak adalah rumput ilalang dan semak belukar.

Jalur pendakian yang ditutup adalah jalur melalui Resor Pemangku Hutan (RPH) Kemloko, tepatnya melalui Desa Banaran, Kecamatan Tembarak, dan Desa Selopampang, Kecamatan Selopampang. Terkait upaya penutupan ini, BKPH Temanggung juga meminta perangkat desa untuk ikut terlibat, mengawasi dan melarang siapa pun naik ke puncak Gunung Sindoro.

Total luas lahan kawasan puncak di Gunung Sindoro di Temanggung mencapai 118 hektar.

gunung sindoro pagi hari ayomaju

1 Januari 2015 Kondisi Gunung Sindoro masih lembab, by : Hrz/Ate

gunung sumbing dan sindoro panorama

Gunung Sumbing (kiri) dan Sindoro (kanan) Bulan Juli 2015, by : Hrz/Ags

Advertisement

Tidak hanya dari sumber berita saja, admin disini juga berada di linkungan sekitar kaki gunung Sindoro Sumbing, beberapa fakta yang perlu Anda ketahui :

1. Suhu udara di daerah kaki gunung berkisar antara 14-23 derajat celcius. Nha apalagi naik lebih tinggi lagi, bahkan di puncak gunung, bakal lebih dingin lagi. (accu weather : Parakan @ 20.00 pm)

Screenshot_2015-07-08-20-05-29[1]

2. Kelembaban 93% dan kecepatan angin tak menentu kadang 5.7 km/jam kadang lebih besar lagi. Dengan Humidity seperti itu maka kondisi lingkungan sangat kering. Bahkan Anda bisa menyaksikan sendiri kalau banyak orang di daerah Temanggung punya kekerigan di kulit (kosek’en)

4. Jika sebelumnya di pagi hari kebiasaan orang-orang berjemur pukul 06 sampai 08 pagi, saat ini pukul 10 sampai jam 12 siang saja masih banyak orang yang berjemur di luar rumah.

3. Perubahan musim hujan ke panas sangat tidak bagus untuk kesehatan, apalagi di daerah pegunungan yang sangat dingin. Tukang pejet dan kerikan sangat laris manis.

 

Apa yang dikhawatirkan dan menjadi alasan utama Pendakian Gunung Sindoro ditutup untuk sementara waktu?

Terkait ulah manusia. Hal ini sangatlah logis. Para pendaki mungkin sebagian besar sudah memahami apa yang harus dilakukan dan apa yang sebaiknya dihindari. Namun banyaknya pendaki yang kurang memerhatikan linkungan inilah yang dikhawatirkan dapat merusak alam.

Kondisi dinginnya gunung, mendorong inisiatif pendaki untuk membakar api unggun. Putung rokok saja bisa menyebabkan kebakaran hutan, apalagi api besar, sangat cepat merambat dan itu akan menyebabkan bencana kebakaran besar.

Pada bulan mei-juni saja tercatat telah terjadi tiga kali kebakaran di Gunung Sumbing, dan dengan adanya penutupan sementara ini menghindarkan kebakaran hutan di gunung Sindoro.

Kapan pendakian akan dibuka kembali? Belum ada kepastian. (hrz)

 

 

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme