Sebelum Nonton Film Barat Bersama Keluarga Perhatikan Ratingnya

Tak begitu masalah jika nonton tv di stasiun tv nasional, karena semua tayangan yang ada sudah di saring dulu oleh lembaga sensor Indonesia. Berbeda jika kita mendownload, membeli atau menyewa film barat seperti box office, atau film luar lainya. Kalau datang langsung di bioskop, mungkin sudah diperingatkan film apa yang akan tayang dan rating (batasan pemirsa) yang sudah tercantum.

Sebagai contoh, si Paijo baru saja mengkoleksi film Final Destination 6 yang didapat dari temannya Kliwon. Kata si Kliwon film tersebut bagus. Paijo akhirnya memutar film tersebut di ruang keluarga, tiba-tiba adiknya yang masih SD datang dan ikut nonton, emaknya juga ikut nonton, bapaknya nggak mau ketinggalan. Dan akhirnya mereka tak sampai nonton secara full, karena telah terjadi awkward moment and so annoying!

 

Nha, agar tidak terjadi hal seperti diatas tadi, sebaiknya baca dulu keterangan rating sebelum nonton film yang akan diputar.

Berikut ini adalah rating yang dibuat oleh asosiasi perfilman Amerika MPAA (Motion Picture Association of American film)

rating menurut amerika serikat box office

G – General Audiences

All ages admitted. Nothing that would offend parents for viewing by children.

Semua umur, tidak masalah jika anak menonton tanpa pengawasan orang tua

 

PG – Parental Guidance Suggested

Some material may not be suitable for children. Parents urged to give “parental guidance”. May contain some material parents might not like for their young children.

beberapa tayangan mungkin tidak cocok untuk anak-anak. Orang tua perlu ‘bimbingan orang tua’. Mungkin berisi beberapa tayangan yang tidak ingin dilihat oleh anak kecilnya.

 

PG-13 – Parents Strongly Cautioned

Some material may be inappropriate for children under 13. Parents are urged to be cautious. Some material may be inappropriate for pre-teenagers.

Beberapa tayangan mungkin tidak bagus untuk anak dibawah umur 13. Orang tua harus memberikan peringatan. Beberapa tayangan mungkin tidak layak untuk pra-remaja.

 

R – Restricted

Under 17 requires accompanying parent or adult guardian. Contains some adult material. Parents are urged to learn more about the film before taking their young children with them.

bagi yang berusia 17 perlu bimbingan orang tua atau yang sudah dewasa. Berisi beberapa tayangan dewasa. Orang tua diharuskan untuk mempelajari lebih banyak tentang film tersebut sebelum mengajak anaknya menonton.

NC-17 – Adults Only

No One 17 and Under Admitted. Clearly adult. Children are not admitted.

hanya untuk 17 tahun keatas. Khusus dewasa. Anak-anak tidak diperbolehkan.

Ayomaju.info

Mari Terus Berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post