Sering Begadang Bisa Menimbulkan Paru – Paru Basah

Advertisement

Gak ada kapoknya ya begadang, gaisss… dari sebuah penelitian, kebanyakan begadang bisa menyebakan dampak yang buruk pada tubuh kita. Salah satunya adalah Gejala Paru-paru Basah.

Harus kita ketahui untuk menghindari penyakit paru-paru yang kronik. Paru-paru basah dalam ilmu kedokteran disebut Pheumonia yang artinya infeksi atau peradangan yang terjadi pada paru-paru disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur. Kebanyakan orang menganggap remeh penyakit ini karena gejala-gejalanya sangat tak terduga.

Untuk mengetahui penyakit paru-paru basah, mari kita kenali terlebih dahulu gejala paru-paru basah di bawah ini :

Telapak tangan dan kaki terasa dingin dan sering basah (keluar keringat).
Sesak nafas.
Batuk yang disertai dahak.
Dada terasa sakit saat batuk.

Selain efek buruk paru-paru basah karena kebiasaan begadang, kegiatan mandi di pagi hari setelah begadang dapat menyebabkan dampak yang sangat buruk, bahkan bisa juga mimbulkan kematian.

ronda malam


Advertisement

Sebenarnya, tubuh orang yang begadang itu melakukan banyak aktifitas, yang seharusnya pada waktu itu tubuh harus kita istirahatkan. Karena banyak aktifitas yang terjadi pada tubuh kita, tanpa kita sadari terjadi pemanasan dari dalam tubuh kita.
Nah, dapat kita bayangkan kalau dari suhu tubuh yang panas tiba-tiba disiram dengan air di pagi hari yang suhunya jauh lebih dingin ketimbang suhu tubuh kita, apa yang akan terjadi?
Perumpamaan-perumpamaan dibawah ini adalah penggambaran sebagai analogi, bagaimana cara tubuh bekerja.
Coba saksikan orang yang sedang terjun payung. Jika orang yang sedang terjun bebas berhasil membuka payungnya dan jatuh perlahan-lahan karena payungnya terkembang, tentu aman toh?
Tapi jika jatuh ke bumi secara tiba-tiba tanpa menggunakan payung, apa yang akan terjadi?
Satu contoh lain lagi, saat kita mengendarai mobil di jalan bebas hambatan yang sepi dengan kecepatan tinggi. Jika kita ingin berhenti, dan kita menginjak pedal rem dengan perlahan-lahan, tentunya kita akan selamat tak kurang suatu apapun.
Tapi jika kita mencoba menghentikan kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi dengan cara menginjak pedal rem dengan dalam-dalam dan tiba-tiba, tentunya mobil akan melintir tak karuan. Masih untung jika hanya melintir dan berputar saja. Jika sampai terpental dan terguling?
Dengan analogi diatas, makanya sangat disarankan untuk tidak langsung mandi sesaat setelah begadang, karena dapat membahayakan untuk kondisi tubuh. Sebab, tubuh kita memang tidak dirancang untuk mengalami penurunan suhu tubuh yang drastis dan secara tiba-tiba.

Advertisement

Info Terkait

Updated: April 9, 2015 — 8:34 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme