Siemens Tak Berdaya Dalam Inovasi Pengembangan Smartphone

Advertisement

Pernahkah Anda mendengar merk Smartphone Siemens? mungkin tidak, tapi kalau Handphone konvensional, mungkin Anda sudah tahu, atau bahkan Anda pernah memilikinya?

Siemens di era perkembangan teknologi komunikasi, mereka sangat hebat dengan beberapa inovasi yang dibuatnya. Seperti ketika tahun 2001, Siemens meluncurkan ponsel Siemens S45 yang merupakan ponsel pertama dengan kapasitas memori terbesar saat itu, yakni 360KB internal memory.

siemens s45

 

Diantara pesaingnya, Siemens selalu unggul dalam style dan fitur yang terdepan. Terlihat saat itu handphone candy bar paling futuristik adalah Siemens M55 dan penerusnya M65.

siemens m55 canggih

Siemens M55

siemens m65

Siemens M65

 

Sponsorship

Produk tersebut merupakan sponsor resmi balap mobil Formula 1 ( McLaren Mercedes )sejak tahun 2001 sampai 2004. Namun, cukup sampai disini saja perjalanan Siemens sebagai vendor telephon selular. Sebelum mereka benar-benar menutup Siemens Mobile, mereka merilis seri 75, dan tidak ada perkembangan yang cukup signifikan.

Perlu diketahui, saat itu Siemens mensponsori beberapa tim-tim besar sepak bola dunia, diantaranya ;

  • Lazio ( scudeto, klub dengan banyak bintang di liga Italia sebagai kompetisi terbaik kala itu ) dari musim 2000/2001 dan musim 2002/2003
  • Real Madrid ( los galacticos : klub terkaya liga spanyol ) dari musim 2002/2003 sampai 2005/2006
  • Partner Liverpool dan Chelsea (sponsored non-shirt)
  • Olimpiacos, 2005/2006

real madrid bintang

 

Meskipun Siemens tidak melanjutkan departement mobile nya, perusahaan Siemens masih berdiri dengan fokus bisnis Industry, Energy dan Healthy.

Advertisement

Biografi Siemens

Dikutip dari Merdeka.com Siemens merupakan perusahaan elektronik multinasional yang berpusat di Munich dan Berlin Jerman. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan elektronik dan komponen listrik terbesar di Eropa. Lini usaha Siemens berada pada bidang industri, energi, transportasi dan kesehatan. Perusahaan ini didirikan oleh Werner von Siemens dan Johann Georg Halske dengan nama “Telegraphen-Bauanstalt von Siemens & Halske” untuk memproduksi telegraph. Pada tanggal 12 Oktober 1847 produksi dilakukan di Berlin dan berhasil menghasilkan total penjualan yang pesat dalam produk telegraph listrik. Mulai tahun 1853, Siemens & Halske mulai memperluas jaringan telegraph-nya ke pasaran Rusia. Pada tahun 1855, Siemens & Halske mulai mendirikan anak perusahaan asing pertama di St Petersburg yang dipimpin oleh Carl von Siemens, yang merupakan saudara dari Werner.

Siemens selalu menciptakan produk-produk inovatif. Pada tahun 1866, dia menemukan prinsip dinamo listrik yang merubah energi mekanik menjadi listrik dengan biaya yang efektif. Pada Pameran Indiustri Berlin yang diadakan tahun 1879, Siemens & Halske menyajikan kereta api listrik pertama di dunia dengan tenaga eksternal. Sejak saat itu produk Siemens telah berhasil menarik perhatian dunia. Guna mengembangkan bisnis-nya Siemens kemudian membangun sebuah pabrik listrik di Beijing dan membangun sistem trem pertama dengan kecepatan 20 km/jam di China pada tahun 1899. Pada bulan Maret 1903, salah satu divisi pada Siemens & Halske melakukan merger dengan perusahaan listrik Schuckert & Co. guna membentuk Siemens-Schuckertwerke GmbH yang kemudian menjadi Siemens AG pada tahun 1966. Dengan tujuan ekspansi pada tahun 1897, Siemens & Halske mengambil alih tanah tak berpenghuni di barat laut Berlin untuk dijadikan perumahan pabrik.

Pada tahun 1919, Siemens mulai bergabung dengan produsen lampu Osram GmbH KG serta mendirikan Siemens-Reiniger-Werke AG bersama dengan Erlangen yang mengembangkan perusahaan yang berfokus pada perlengkapan medis, seperti X-Ray pada tahun 1932. Siemens juga ikut aktif dalam proyek-proyek seperti pada tahun 1951 yang dilakukan oleh konsorsium Jerman Siemens-Schuckertwerke untuk membangun pembangkit listrik tenaga uap Nicolás San di Argentina. Sejak tahun 1970-an, Siemens mulai mendorong perluasan bisnis listrik-nya di Amerika Serikat, Eropa Barat dan Asia. Salah satunya dengan melakukan ekspansi di China. Pada tahun 1994 Siemens meresmikan Siemens Ltd. China yang menjadi perusahaan induk asing pertama di negara tersebut. Saat ini Siemens telah menjadi salah satu perusahaan asing terbesar di negara itu, dengan lebih dari 69 perusahaan patungan, 64 pabrik dan telah mempekerjakan lebih dari 29.000 karyawan.

Untuk pasaran Amerika, Siemens telah mencatatkan sahamnya di New York Stock Exchange sejak tahun 2001. Dengan hal ini diharapkan Siemens mampu menarik para investor untuk memberikan dukungan dana kepada Siemens. Sejak tahun 2008, Siemens mengkhususkan dalam 3 unit bisnis utama yakni Industri, Energi dan Kesehatan yang akan membawa Siemens semakin berkembang di tahun-tahun mendatang. Hingga saat ini Siemens telah hadir di lebih dari 36 negara yang tersebar di seluruh dunia.

(hrz)

Advertisement

Info Terkait

Updated: Agustus 21, 2015 — 5:55 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme