Sifat Pemalu Bukanlah Alasan Untuk Tidak Sukses

Advertisement

Jika Anda memiliki sifat sebagai seorang yang pemalu, munkin anda perlu membaca kisah inspiratif dari seorang Pierre Morad Omidyar. Ia adalah orang yang menggagas salah satu situs jual beli terbesar di dunia eBay.

Dikenal sebagai sosok pemalu dan tidak suka untuk berkomentar apalagi sering muncul di media, Omidyar justru merasa lebih nyaman berada di balik layar.
omidyar ebay

“Aku memang lebih suka untuk berada di bawah radar. Ketika aku jalan-jalan di kota, aku ingin orang mengenal dan memanggilku sebagai rekan di Starbuck,” kata Omidyar seperti dikutip dari forbes.

Pria kelahiran Paris berusia 48 tahun ini merupakan anak dari seorang imigran asal Iran yang kuliah di Perancis. Dengan hidup yang berkecukupan, ibunya adalah seorang akademisi dan ayahnya seorang dokter. Tak lama setelah mereka pindah ke Amerika Serikat, kedua orang tua Omidyar bercerai. Saat itu ia masih bocah.

Menginjak remaja, Ia sangat tertarik pada dunia komputer. Akhirnya setelah lulus sebagai sarjana Ilmu Komputer dari Tufts University, ia mulai karirnya di Silicon Valley, salah satu perusahaan teknologi di negara bagian Amerika Serikat.

Dengan mencoba mendirikan sebuah layanan lelang online yang diberi nama “Auction Web” pada bulan September 1995, ia mulai menemukan cikal bakal kesuksesannya. Akhirnya ia mengganti nama menjadi eBay (echoBay).

Advertisement

Di usia muda yang baru menginjak 31 tahun, eBay sukses dalam bursa saham selama tiga tahun berdirinya. Saat itu juga Omidyar adalah seorang miliuner.

Saat ini Omidyar masih sebagai salah satu orang terkaya di Amerika Serikat dan nomor 123 paling kaya di dunia dengan estimasi harta USD 8,5 miliar (Forbes).

Sangat kontras terlihat antara Omidyar dengan Bill Gates atau Steve Jobs yang sering muncul di media. Bahkan ia mengungkapkan sifat pemalunya juga memberikan kesempatan kepada rekannya untuk sama-sama maju meraih sukses.

“Aku bukanlah tipe seorang pendiri yang merangkap sebagai CEO seperti Bill Gates atau Steve Jobs. Aku mendirikan perusahaan sampai pada titik tertentu dan apabila meraih kesuksesan kami akan membawa manajemen professional. Skillku untuk inovasi dan menciptakan lagi supaya berhasil. Aku tahu kami membutuhkan manager sejati,” ungkapnya.

Omidyar memilih Meg Whitman sebagai CEO eBay di tahun 1998. Ia lebih suka untuk memberi saran pada Meg untuk memimpin perusahaan.

Omidyar telah memiliki istri dan 3 anak. Selain memiliki tempat tinggal di Nevada, ia juga memiliki beberapa properti mewah, salah satunya ada di Honolulu, Hawaii yang pernah ia diami beberapa lama.

Kekayaan yang ia miliki tak membuatnya sesumbar. Dibangung dengan istrinya Pamela, ia mendirikan sebuah yayasan OMIDYAR NETWORK. Yayasan tersebut saat ini sudah menyumbang ratusan juta dollar untuk organisasi nirlaba untuk meningkatkan taraf hidup manusia.

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme