Sebuah Sinyal Kuat Membangkitkan Perburuan Alien

Advertisement

Sebuah “sinyal kuat” terdeteksi oleh teleskop radio di Rusia yang memindai langit untuk tanda-tanda kehidupan di luar bumi telah menimbulkan minat di kalangan komunitas ilmiah.

“Tidak ada seorang pun mengklaim bahwa ini adalah karya peradaban luar bumi, tapi pasti layak untuk dipelajari lebih lanjut,” kata Paul Gilster, penulis situs Centauri Dreams, yang meliputi penelitian peer-review pada eksplorasi ruang angkasa.

kehidupan alien

Sinyal datang dari arah HD 164595, bintang yang memiliki jarak sekitar 95 tahun cahaya dari Bumi. Bintang tersebut dikenal memiliki setidaknya satu planet, dan mungkin memiliki lebih.

Pengamatan sedang dibuat untuk publik sekarang, tapi benar-benar terdeteksi tahun lalu oleh teleskop radio RATAN-600 di Zelenchukskaya, Rusia.

Para ahli mengatakan itu terlalu dini untuk mengetahui arti sinyal atau di mana tepatnya atau berasal dari mana.

“Tapi sinyal cukup membuat provokatif para peneliti RATAN-600 untuk menyerukan pemantauan permanen target ini,” tulis Mr Gilster.

Advertisement

Panggilan untuk pemantauan permanen sinyal

Penemuan ini diharapkan untuk fitur dalam diskusi di 67 International Astronautical Congress di Guadalajara, Meksiko, pada 27 September.

“Bekerja dengan kekuatan sinyal, para peneliti mengatakan bahwa jika itu berasal dari suar isotropik, itu akan menjadi kekuatan yang mungkin hanya untuk sebuah peradaban Kardashev Type II,” tulis Mr Gilster, mengacu pada skala-sistem yang menunjukkan peradaban yang jauh lebih maju daripada kita sendiri.

“Kalau sinyal sinar sempit terfokus pada tata surya kita, itu akan menjadi sebuah daya yang tersedia untuk sebuah peradaban Kardashev Tipe I,” menunjukkan satu lebih dekat dengan kemampuan bumi.

Mr Gilster mengatakan ia melihat presentasi tentang materi dari astronom Italia Claudio Maccone.

“Pemantauan permanen target ini diperlukan,” presentasinya.

Nick Suntzeff, seorang astronom Texas A & M University mengatakan kepada majalah online Ars Technica bahwa sinyal 11 gigahertz diamati pada bagian dari spektrum radio yang digunakan oleh militer.

“Jika ini adalah sumber astronomi yang nyata, itu akan menjadi agak aneh,” kata Mr Suntzeff “Tuhan tahu siapa atau apa yang menyiarkan sinyal berkekuatan 11GHz, dan itu tidak akan keluar dari pertanyaan yang semacam komunikasi meledak dilakukan antara stasiun bumi dan satelit.”

“Saya akan mengikutinya jika saya adalah astronom, tapi saya juga tidak akan menyangkal fakta bahwa mungkin di sinyal SETI merupakan bagian dari militer.”

 

(hrz/ref:AFP)

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme