Smartphone 10 Inti Processor (Deca-Core) Hadir

Advertisement

Ketika kemunculan pertama kali MediaTek dengan Octa-Core Processor pada tahun 2013, saat ini menjadi sangat popular dikalangan industri smartphone. Dan pesaingnya, Qualcomm juga dipaksa untuk mengeluarkan produk gadget dengan spesifikasi prosesor octa core untuk mengikuti perkembangan.

Nampaknya MediaTek bergerak lebih cepat, deca-core atau smartphone dengan prosesor 10 inti telah diluncurkan dengan nama Helio X 20. Ini bukan pertama kalinya Mediatek membuat 10core chip, Helio X 20 sendiri adalah suksesor dari Helio X 10 yang sudah ditanamkan pada HTC One M9 dan ditambah beberapa ponsel China di waktu yang akan datang. Sample untuk chip baru akan dikomersilkan pertama kali pada akhir tahun 2015.

Deca-Core, lanjutan setelah Octa-Core

Deca-Core, lanjutan setelah Octa-Core

Sepuluh core mungkin tampak berlebihan, 20nm Helio X 20 lebih pada segi arsitektur “Tri-Cluster” yang terdiri dari dua 2.5GHz Cortex-A72 Core, empat Core 2GHz Cortex-A53 dan empat 1.4GHz Cortex-A53 Core. Jadi sebenarnya, CPU Helio X 20 adalah¬† Helio X 10 dengan dua Core Cortex-A72 lainnya, perlu diketahui bahwa delapan core Cortex-A53 berjalan pada kecepatan yang sedikit lebih rendah.


Advertisement

Jadi di sini muncul pertanyaan klasik: apakah bisa kesepuluh Core tersebut berjalan secara bersamaan? Moynihan, selaku sales manajer Mediatek mengatakan :

“Saya pikir itu jauh lebih mungkin bahwa hal itu akan subset Deca Core tetapi dalam konfigurasi yang berbeda, tergantung pada beban yang mungkin pada saat yang sama, secara teori, scheduler dapat menghidupkan semua sepuluh [Core] jika diperlukan; Tentu saja, konsekuensinya gadget akan menjadi panas.”

Keunggunlan atau kelebihan dibandingkan dengan pendahulunya, Helio X 20 mendapatkan dukungan Cortex-M4 (untuk sensor, dan memutar mp3 dengan daya rendah, dual kamera 12-bit prosesor, peningkatan kinerja grafis namun rendah daya, kebutuhan akan modem, serta pembawa agregasi untuk kecepatan Cat 6 LTE.

“Menambahkan¬†generasi modem dan agregasi pembawa fitur khusus, saya pikir, membuat platform ini relevan dalam skala yang jauh lebih global untuk tingkat yang lebih tinggi dan bahkan untuk perangkat unggulan.”

Pada akhirnya, kita akan perlu untuk melihat seberapa baik kinerja Helio X 20, serta seberapa efisien modem baru yang terintegrasi dalam faktanya.

(dilansir dari Engadget, penerjemah – adt)

Advertisement

Info Terkait

Updated: Mei 18, 2015 — 2:28 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme