Soft Coral: Informasi dan Fakta

Advertisement

Soft Coral (karang lunak) adalah beberapa karang yang paling menarik yang ditemukan di berbagai lautan dunia. Mereka cukup menarik, memiliki banyak bentuk eksotis dan sering memiliki palet sangat kaya dan berwarna-warni. Soft coral memiliki semua warna pelangi, tapi warna dominan mereka warna karat, merah, oranye, kuning, zaitun dan ungu.

soft-coral-indonesia

Seperti karang batu, Soft Coral adalah Cnidaria, yang berarti hewan bersel yang menyengat. Akrab karang lunak akuarium termasuk dalam keluarga Alcyoniidae bawah Alcyonacea Order. Alcyonacea Orde sendiri adalah bagian dari Subclass Octocorallia, yang dikenal sebagai Oktokoral, dan seluruh subclass ini juga sering disebut sebagai “soft coral”.

Fakta Soft Coral

 

Soft Coral cukup banyak di seluruh perairan dunia, terutama di perairan tropis. Mereka ditemukan di zona intertidal meskipun beberapa hidup di kedalaman 200 meter atau lebih.

soft-coral

Advertisement

Karang lunak yang ditemukan di terumbu, pada kedalaman tepat di bawah karang batu. Mereka mendiami daerah sebagian besar gelap, seperti di bawah singkapan bebatuan atau di gua-gua.

Potongan kecil dari karang lunak yang mudah dikumpulkan dari alam liar. Mereka kurang rentan terhadap kerusakan atau penyakit yang datang dari karang batu. Banyak spesies berkembang dan akan tumbuh dengan cepat di penangkaran. Banyak karang lunak populer yang berhasil disebarkan di penangkaran.

Soft Coral di Indonesia

soft-coral-jamur

Salah satu spesies Soft Coral yang paling luas dari di Raja Ampat adalah karang kulit (disebut juga jamur karang atau mushroom leather coral), yang terisolasi atau dekat dengan beberapa karang yang berbeda dengan lainnya.

 

Advertisement

Info Terkait

Updated: November 27, 2016 — 4:48 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme