Adobe Flash sangat populer dikalangan designer dan animator. Selain sudah berdiri sejak lama, nama besar Adobe menaungi software program animasi yang dulunya adalah macromedia flash. Antar muka flash sediri terlihat sangat familiar dan banyak sekali tutorial yang membahas tentang Adobe Flash ini.

Jika anda tertarik untuk mencoba menggunakan software program membuat animasi selain flash, silakan simak 10 software related product yang mirip fungsinya dengan flash berikut ini :

1. Toon Boom Studio 8. Jika Anda ingin menjadi seorang animator 2D profesional? Toon Boom Studio 8 semudah mencari tahu software seperti apa kelebihannya dalam penggunaan, dengan berlatih program seribu jam sampai Anda menjadi ahli. Bukan rahasia lagi bahwa Toon Boom Studio adalah sofware populer di dunia sejak 1994 di industri animasi 2D, dan ratusan acara terkenal dan film telah menggunakan software ini penting untuk membawa kreasi mereka untuk hidup.

2. Flipbook. Sebaiknya jangan pernah gunakan ini, banyak bug nya. ( ngapain juga diposting )

3. GoAnimate. Software ini merupakan DIY ( do-it-yourself ) animation package yang sudah lebih dari 5 juta pengguna di seluruh dunia, Penggunaanya pun cukup mudah. Dalam web resminya, anda bisa Sign up dan mendapatkan akses untuk melihat karakter models, scene backdrops, audio recording, lip-syncing features, dan art asset props.

Bebeberapa users bisa menjadi sangat terkenal di kalangan komunitas ini. Bisa anda temukan di google, deviantart, atau di youtube.

Contoh karya GoAnimate :
https://www.youtube.com/watch?v=5pTd-Gq5-y4
 

Editor's Choice