Terobosan Percetakan 3D Mencetak Logam

Autodesk telah bermitra dengan pengecoran Michigan dalam proyek “proof-of-concept” percetakan 3D yang menghasilkan bingkai kursi magnesium untuk maskapai komersial. Sehingga bisa menghemat biaya bahan bakar lebih dari $200 juta.

Autodesk menggunakan perangkat lunak Netfabb 3D design untuk menghasilkan model geometris yang kompleks untuk kerangka jok penumpang pesawat baru sekuat kursi tradisional, namun jauh lebih ringan.

percetakan 3d logam

Program CAD menciptakan sebuah file yang digunakan untuk printer 3D dalam plastik bingkai kursi, yang kemudian dilapisi bahan keramik dan dipanaskan sampai suhu tinggi menguapkan plastik bagian dalam.

Cetakan keramik yang tersisa kemudian digunakan oleh Aristo Cast, pengecoran Michigan, untuk memproduksi bingkai kursi magnesium yang memiliki berat 766 gram, lebih ringan dibandingkan dengan kursi alumunium konvensional sebanyak 1.672 gram yang digunakan saat ini.

Sementara laser sintering, metode pencetakan 3D lainnya, menawarkan kemampuan untuk membuat benda dengan puluhan logam, sangat lambat dibandingkan pengecoran logam, yang dapat menggunakan ribuan logam atau material komposit.

Selain itu, pencetakan 3D terbatas pada ukuran yang relatif kecil dari tempat tidur cetak – hanya beberapa meter – bahkan di mesin komersial. Pengecoran logam tradisional memiliki skalabilitas produksi yang hampir tak terbatas.

Dengan cetakan keramik yang dihasilkan, Aristo Cast memastikan bisa menghasilkan 160 kursi magnesium pada pesawat setiap dua hari.

Autodesk dan Aristo Cast mengklaim bahwa jika pembuat pesawat terbang seperti Airbus mengganti semua 615 kursi pada jet A380 dengan bingkai kursi magnesium yang baru dan ringan – melintasi armada dari 100 pesawat yang biasanya memiliki umur 20 tahun – menghemat $206 juta, berdasarkan pada biaya bahan bakar jet rata-rata pada tahun 2015. Seiring dengan pengurangan biaya bahan bakar, jok baru juga bisa berarti 126.000 lebih sedikit ton emisi C02 jika digunakan pada pesawat model tunggal.

“Sementara manufaktur aditif menjanjikan besar untuk masa depan manufaktur, masih sangat baru bagi banyak pengembang produk. Casting, sebaliknya, telah ada selama ribuan tahun dan sangat dipahami,” ilmuwan riset Autodesk Andreas Bastian mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Computer World “Ada ratusan ribu insinyur, pengecoran, dan pabrik dengan keahlian mendalam di dalamnya. Itulah salah satu alasan saya mencari jembatan di antara keduanya.”

logam ringan

Untuk tahun lalu, Bastian telah bekerja di pusat teknologi Autodesk di San Francisco untuk menghasilkan kursi maskapai penerbangan yang lebih ringan. Bastian menggunakan algoritma pada perangkat lunak desain Netfabb 3D untuk menciptakan kisi-kisi yang rumit sehingga menghasilkan tempat duduk yang sama kuatnya.

“Kami melompat pada kesempatan untuk bekerja dengan Andreas dan Autodesk Ini adalah proyek yang menarik dan memungkinkan kami untuk merintis beberapa teknik baru untuk pengecoran magnesium,” Paul Leonard, chief engineer Aristo Cast, mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Ini juga memberi kami kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang teknik perancangan dan pengoptimalan lanjutan. Itu masih cukup baru di industri kami.”

Sementara terobosan untuk bingkai jok maskapai penerbangan, apa yang dilakukan oleh Autodesk dan Aristo Cast mirip dengan apa yang sedang diuji di industri lain.

Referensi:

https://www.computerworld.com/article/3196354/3d-printing/3d-printing-married-to-traditional-metal-casting-could-reshape-manufacturing.html

http://blogs.autodesk.com/inthefold/light-weight-airplane-seat-can-save-airlines-200000000-dramatically-reduce-carbon-emissions/?AID=11874804&PID=8200811&SID=cw&mktvar002=afc_US_Deeplink

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Post