Airbag Juga Akan Digunakan Sepeda Motor

Advertisement

Airbag pada sepeda motor bukanlah sebuah inovasi yang benar-benar baru dalam dunia otomotif. Sistem airbag yang sering kita temui pada mobil juga sudah pernah diaplikasikan pada kendaraan roda dua.

Ide airbag pada motor telah dikembangkan sejak tahun 1970. Akan tetapi masih saja butuh waktu lama untuk diterapkan. Beberapa airbag yang sudah digunakan antara lain ; airbag jaket / wearpack dan airbag pada motor gede (moge) Honda Gold Wing GL1800.

airbag ayomaju.info pada motor honda gold wing gl1800

Mulai tahun 2009, Airbag dipasangkan pada Honda Gold Wing GL1800 keluaran tahun 2006

 

Sayangnya airbag yang terpasang pada Gold Wing masih belum efisien. Akhirnya perusahaan berhenti dalam pembuatan dan pengetesan airbag tersebut. Mereka lebih memilih untuk riset cara lain dalam meminimalisir kecelakaan pada kendaraan roda dua.

Advertisement

Namun baru-baru ini Honda kembali lagi membuat patent-design new airbag yang nantinya digunakan pada motor Honda NC750s. Jika air bag yang terpasang pada Gold Wing kurang antisipatif saat pengendara mengalami insiden, pihak Honda sebagai developer meng-klaim bahwa air bag yang baru tersebut jauh lebih baik.

airbag ayomaju.info pada motor desain

Kecelakaan fatal biasanya terjadi saat pengendara terlempar ke depan dan menghantam objek. Dengan alasan tersebut Honda membuat desain airbag yang melindungi dada dan perut. Misalnya dalam bertabrakan dengan mobil, airbag akan lebih dahulu menahan pengendara. Kemungkinan pengedara akan mental/terlepar untuk menghindara tubrukan langsung dengan obyek di depan.

Cara kerja airbag dipicu dengan sensor yang aktif ketika mengalami tabrakan. Airbag hanya akan mengembang jika arah tabrakan dari depan.

Advertisement

Info Terkait

Updated: Desember 22, 2015 — 8:15 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme