Tips Agar Vlog Berhasil Meraih Ribuan Subscriber

youtuber ribuan subscriber ratusan jutaan indonesia dunia
Bagikan jika Anda suka

Memang sekarang kamera tidak hanya digunakan untuk sekedar selfie, lebih dari itu, sekarang telah memasuki jamannya video log (Vlog). Bagaimana untuk mendapatkan ribuan subscriber?

Masih jauh jika Anda bukan artis atau orang yang sangat popular.

Vlog sering tidak berjalan seperti yang diinginkan. Maksud hati ingin mendapatkan banyak penonton, namun hasilnya, ketika diupload di Youtube hanya segelintir orang yang menyaksikan. Hal ini disebabkan kesalahan konsep.

Pertama, apa tujuan Anda untuk membuat vlog?

Uang dari Adsense? tips ini tidak berlaku.

Jika Anda hanya sekedar ingin eksis di dunia maya, Anda harus jadi orang popular terlebih dahulu. Jika tidak, buatlah karya yang luar biasa.

Membangun channel di youtube dan mendapatkan banyak subscriber bukanlah hal yang mudah jika Anda orang awam, kecuali berparas tampan atau cantik yang sangat mengesankan.

Aneh, Anda bukan siapa-siapa tapi membuat video seperti yang dilakukan oleh orang-orang seperti Bayu Skak, Agung Hapsah, Salshabilla Adriani, Clairine Christabel atau yang paling popular di dunia PewDiePie. Karena mereka telah dikenal dan berkarakter, maka video apa saja yang mereka upload tidak ada masalah sama sekali. Mau tentang bangun tidur, gosok gigi, minum kopi, dan cuci kaki, subscriber akan setia menonton mereka. Beda ceritanya dangan orang yang belum terkenal, bisa-bisa penonton akan berkata “ini orang ngapain, nggak jelas banget.”

Nah, pastikan upload video yang benar-benar dengan kemasan menarik, informatif, dan memiliki motivasi.

Kedua, gunakan thumnail yang menarik

Jika Anda merasa super ganteng atau super cantik, gunakan thumbnail dengan angle paling bagus menurut Anda. Cara curang adalah dengan membuat video click-bait.

Ketiga, gunakan keyword yang tepat

Misalnya Anda ingin berkarya membuat video tentang traveling. Pastikan cari keyword yang tepat untuk menyasar calon pemirsa, dengan cara membuat judul yang paling banyak dicari orang. Isi juga diskripsi yang sesuai, semakin banyak semakin bagus. Isi tag jangan terlalu banyak, nanti bisa dianggap spam, cari kata-kata yang mewakili video.

Keempat, buat video yang efektif

Semakin hari, semakin banyak video berkualitas diunggah di Youtube. Sebagus apapun efek dan tampilan video tapi tidak memiliki kesan, itu sama saja. Anda tidak perlu membuat seperti film Hollywood, namun vlog sebenarnya cukup sederhana, namun berkesan.

Usahakan 30 detik pertama adalah video yang sangat efektif, ini berbeda dengan film yang berdurasi 2 jam. Orang akan menutup video Anda jika awal video isinya bertele-tele. Nah, jadikan awal video membuat orang penasaran. Kita juga tahu, tidak semua orang kuota internet unlimited, mereka akan enggan untuk menonton video yang tidak bermanfaat.

Kelima, buang rasa malu

Hilangkan rasa malu, minder, atau kurang pede. Namun tentu, jangan malu-maluin. Selain itu, kalau Anda benar-benar ingin mendapatkan banyak subcriber di Youtube, ‘mengemis’ like, comment, subcribe adalah andalan hampir semua creator yang telah banyak subscribernya. Kecuali jika Anda orang yang idealis, Anda akan mengatakan “biarin lah, kalau memang suka, nanti juga subscribe sendiri, klo nggak ya nggak papa”.

Jika Anda bukan orang idealis dan ingin popular, kunjungi juga youtuber lainnya, dan komentar yang bagus, subscribe video dia, dan minta subscribe balik.

Done.

Tinggalkan komentar