Tips Kamera DSLR : Yuk Bikin Foto Tulisan dari Cahaya

Advertisement

Tutorial ini hanya untuk pemula, jujur saya sendiri juga masih belajar kok. Jadi buat yang udah master, tolong jangan pasang ekspresi seperti ini ya…

ngeremehin

Tanpa basa-basi lagi, kali ini saya akan memberikan tips menggunakan kamera DSLR untuk membuat foto malam yang cukup unik. Yakni dengan membuat foto menjadi sebuah tulisan, lukisan atau gambar seperti contoh berikut ini.

foto dengan tulisan

Kamera yang saya gunakan Nikon D3200 kit dan pastinya dibantu dengan tripod. Bagaimana untuk membuatnya?


Advertisement

Setting kamera (optional)

Pastinya tidak menggunakan mode auto, kata orang sih, menggunakan auto tuh anak alay, kata orang ya… bukan kata saya… tapi kalau menurut saya, mode auto buat yang nggak pengen ribet. Tapi gaisss.. yang perlu digaris bawahi adalah mode otomatis tak selamanya bisa menghasilkan foto yang kita inginkan, tentu saja dalam membuat foto tulisan dari cahaya yang sedang kita bahas kali ini. Jadi sekarang kita puter dulu ke mode manual (M).

Setting iso : usahakan tetep paling kecil, 100. Kalau kurang mendukung, auto iso sensitiv sampai 400 aja.

Shutter speed : semakin lama semakin bagus, 30″

Aperture : f/3.5 (lens kit)

Fokus : Manual

VR : OFF (lebih baik dimatikan jika menggunakan tripod dan release dengan timer)

Cara melukis

Gunakan senter atau cahaya lainnya. Dalam foto diatas, saya gunakan senter dari smartphone. Tidak harus ada orang lain, foto sendiri juga bisa dengan timer.

Posisi menulis tetap menghadap kamera, jadi kita berada di belakang senter. Kalau kesulitan nulis, tulis saja seperti biasa tak perlu dengan tulisan terbalik, nah, kalau sudah selesai baru foto kita ‘flip horizontal’ / cermin dan tulisannya sesuai yang kita harapkan.

Kembangkan juga imajinasi kalian dengan lampu cahaya yang berwarna-warni, dan beberapa properti yang mendukung. Terus berkarya guys 😀

(Mamad/ayomaju.info)

Advertisement

Info Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme