Warna Warni Ruangan Dalam Rumah dan Maknanya

Advertisement

Percaya atau tidak, warna-warni ruangan dalam rumah Anda ternyata memiliki berbagai makna. Ini dapat mempengaruhi perasaan penghuninya juga lho. Menurut ahli Feng Shui, Laura Benko menyebutkan bahwa : “Warna memainkan dampak yang sangat besar dalam Fengshui karena memiliki nada getaran tertentu yang dipengaruhi chi dan mendistribusikan keluar lingkungan.”

Merah  : menggairahkan, bersemangat, kekayaan dan kemewahan, gairah, cinta, dan asmara.

ruang warna merah

Dalam feng shui, warna merah mewakili elemen api yang melambangkan transformasi, Warna merah banyak digunakan sebagai simbol kemakmuran dan ketenaran dan hubungan cinta. Warna ini bisa diterapkan pada ruang dapur, ruang makan, atau ruang tamu. Warna ini juga bisa diaplikasikan di kamar tidur.

Orange : aktif, ceria, dan mudah bergaul

meja orange

Ditinjau dari segi ilmu psikologi, warna Orange sangat merangsang, aktif, ceria, dan mudah bergaul. Memang, tensi warna orange kurang bergairah dibanding merah. Seperti merah, oranye mewakili unsur api.  Warna ini cocok diaplikasikan untuk dapur, ruang makan, dan ruang tamu. Jika digunakan untuk kamar tidur, pastikan warna oranye yang Anda pilih lebih kalem, tidak terlalu mentereng.

Ungu : Menenangkan, sering dikaitkan dengan intuisi dan spiritual

ungu

Warna ungu mewakili bangsawan, kemakmuran, dan martabat. Ungu adalah salah satu warna feng shui terbaik untuk menyimbolkan kemakmuran. Anda dapat menggunakan ungu ringan seperti lavender untuk membangun kesan romantis di kamar tidur.

Abu-abu : bersifat netral, tenang, dan tidak memiliki energi.

ruang abu-abu

Efek psikologis abu-abu membosankan dan konservatif. Abu-abu adalah salah satu warna feng shui yang mewakili unsur logam. Warna ini bisa digunakan di ruang belajar anak, karena abu-abu akan meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kreativitas.

Cokelat : menghibur, mendukung, dan stabil.

coklat

Dalam feng shui, cokelat dikaitkan dengan dua unsur bumi dan kayu. Cokelat merupakan elemen tanah. Warna ini sangat indah untuk digunakan di ruangan kerja, dapat membangkitkan keterampilan dan pengetahuan. Warna ini juga cantik diaplikasikan di kamar tidur atau ruang keluarga.

Kuning : Semangat, hangat, dan ekspansif.

kuning


Advertisement

Secara psikologi, warna kubing menegaskan bahwa kuning melambangkan semangat. Seperti merah dan orange dalam feng shui, kuning juga mewakili unsur api. Kuning juga simbol kemakmuran dan hubungan cinta. Gunakan warna ini untuk dapur, ruang makan, dan ruang tamu karena sangat menggembirakan dan mendukung kehidupan sosial. Jika digunakan di kamar tidur, pilih kuning pucat.

Hijau : Santai, menenangkan, menyeimbangkan, dan bersifat menyembuhkan.

ruang hijau

Hijau menyimbolkan pertumbuhan, vitalitas, kemakmuran, dan alam. Dalam feng shui, hijau mewakili elemen kayu. Hijau baik digunakan untuk cat dinding kamar mandi karena membawa kesan damai, ketenangan, pemurnian, hidup, dan awal yang baru. Hijau juga membawa rasa vitalitas dan kesegaran.

Biru : Ketenangan, keamanan, kepercayaan, menenangkan dan inspirasi.

biru ruangan

Dalam psikologi warna, biru bersifat menenangkan, penyembuhan, menenangkan, dan santai. Biru juga mencirikan ketergantungan, kepercayaan, dan keamanan. Dalam feng shui, warna biru mewakili elemen air, kejelasan, inspirasi, relaksasi, pembaharuan, dan bangsawan. Seperti hijau, biru adalah salah satu warna feng shui terbaik untuk digunakan di kamar mandi. Kamar tidur juga oke, karena biru menyimbolkan ketenangan.

Hitam : Canggih, misteri

ruangan cat warna hitam

Hitam memiliki konotasi dengan kecanggihan, kekuasaan, keanggunan, modernitas, dan misterius. Hitam mewakili elemen air. Cara terbaik menggunakan warna hitam ialah sebagai warna aksesori.

Putih : Kemurnian

cat tembok warna putih

Menurut psikologi warna, putih mewakili kejelasan, tidak bersalah, kebersihan, spiritualitas, kemurnian, harapan, ekspansif, dan keterbukaan. Dalam feng shui, putih mewakili unsur logam. Oleh karena itu, putih adalah warna yang indah untuk digunakan dalam kreativitas dan kamar anak. Putih adalah simbol kesucian dan kebersihan, sehingga warna ini baik juga digunakan pada dinding kamar mandi.

Pink : Menenangkan

warna pink

Warna pink atau merah muda membawa aura ketenangan dan menenangkan. Warna ini juga melambangkan cinta dan asmara. Seperti warna merah di feng shui, pink mewakili cinta dan asmara. Warna pink sangat ideal untuk ruangan yang membangun hubungan atau cinta, seperti kamar tidur. Ruangan lain seperti ruang keluarga pun cocok diaplikasikan warna ini.

*dari berbagai sumber

 

Advertisement

Info Terkait

Updated: Juli 20, 2016 — 12:08 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme