Yakin Dengan Ide Gila, 3 Startup Ini Berkembang Jadi Perusahaan Raksasa

Advertisement

Google, Apple dan Facebook merupakan perusahaan teknologi besar yang menjadi inspirasi startup di belahan dunia. Bahkan beberapa startup mencetuskan ide yang tidak berdasar dan ide gila untuk menjadi sukses seperti 3 perusahaan teknologi tadi.

 

3 Startup berikut ini memulai ide gilanya untuk berkembang jadi perusahaan raksasa.

1. Xiaomi

Ya, peluncuran beberapa produk smartphone mereka sukses di pasar dunia. Perusahaan yang didirkan di China tahun 2010 ini merupakan produsen seluler terbesar ke tiga di dunia. Dengan jumlah karyawan saat ini lebih dari 8000 dan valuasi lebih dariĀ  $46 Miliar US (Rupiah = 603T )

xiaomi ide gila startup

Ide Gila yang mereka lakukan adalah menjual produk yang nyaris sama dengan harga produksinya. Xiaomi hanya mengambil sedikit sekali keuntungan dari item yang mereka pasarkan.

Tidak seperti produsen lain yang menjual secara konvensional sperti di toko fisik (konter hape), justru mereka lebih fokus penjualannya melalui distribusi online. Penjualan produk yang terbatas serta bergantung pada masukan dari pengguna. Xiaomi saat ini sedang mengembangkan e-commerce dan layanan mereka untuk monitisasi lebih besar lagi.

Keberhasilan mereka terbukti saat memangkas harga yang dijual. Keuntungan didapatkan perusahaan, akan tetapi disisi lain konsumen merasa harga sangat murah. Produksi dalam jumlah yang terbatas mempunyai kelebihan dinantaranya mengurangi biaya gudang dan kemungkinan pembaruan yang lebih cepat pada produk-produk mereka.

Interaksi pengguna dan Xiaomi bagaikan fans dengan idola mereka yang tanggap. Masukan dari pengguna secara tidak langsung dapat meningkatkan loyalitas. Pengguna juga akan merasa senang ketika sebuah saran yang mereka berikan diimplementasikan pada produk.

2. Uber

Advertisement

Salah satu inovasi baru di dunia transportasi. Uber memiliki layanan transportasi berdasarkan permintaan terbesar di dunia yang bernilai 40 USD (Rp524,8 T). Transportasi yang dilakukan sangat efektif, penumpang dapat dengan mudah untuk bepergian dengan dibantu sebuah aplikasi latar belakang Uber yang dapat menghitung secara otomatis.

uber transport startup

Ide gilanya, Uber peraya bahwa smartphone dapat menjadi medium favorit bagi banyak orang untuk mendapatkan kendaraan. Mereka juga percaya suatu saat taksi akan bergeser menuju layanan yang mereka buat.

 

3. Razer

 

Gamers pasti sudah tak asing lagi dengan merk yang satu ini. Razer merupakan perusahaan yang fokus pada periperal game pc. Berdiri tahun 1998, kini Razer bernilai 1 Miliar USD (Rp 13T). Beberapa produk yang dibuat diantaranya adalah mouse, keyboard, serta beberapa penunjang game lainnya. Tidak hanya sampai disitu, terbaru dari Razer adalah gelang pintar (smart wristband) NABU.

razer startup

Pada waktu kemunculannya, Razer dianggap mempunyai ide gila. PC saat itu digunakan sebagian besar atau diprioritaskan untuk perangkat pekerjaan. Namun Min-Liang Tan pendiri Razer tetap nekat membuat startup yang fokus di pasar gamers. Dan terbukti saat ini komputer atau laptop tidak hanya untuk menunjang pekerjaan, banyak tipe pc atau notebook berlabel gaming dengan harga yang lebih mahal pastinya.

 

Advertisement

Info Terkait

Updated: Juni 4, 2015 — 11:41 am

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.

Ayomaju.info © 2016 Frontier Theme