Youtube Membayar Industri Musik Lebih dari USD 1 Miliar

Advertisement

Youtube terlibat industri musik dalam dua belas bulan terakhir dengan distribusi sekitar satu miliar dolar AS dari pendapatan iklan yang dicapai. Kepala Bidang Bisnis (Youtube Chief Business Officer) Robert Kyncl optimis tentang masa depan sebagai industri musik dan akan dapat menghasilkan pendapatan lebih banyak dari iklan.

Youtube telah membayar lebih dari satu miliar dolar dalam dua belas bulan terakhir dari industri musik, yang diambil dari iklan. Pernyataan ini diumumkan melalui blog resmi youtube creator di Jerman. Dana berasal dari iklan melalui sistem ID konten otomatis. Dalam hal ini, lagu-lagu diakui secara otomatis dan kemudian banner iklan yang ditampilkan – jika pemegang hak menginginkan. Pendapatan dari iklan banner yang kemudian diberikan kepada pemegang hak dan YouTuber (penggunggah video).

“Ini baru awal – karena semakin banyak dana iklan dari media televisi, radio dan media cetak bermigrasi ke layanan online, industri musik akan menghasilkan penjualan lebih banyak dari iklan,” kata Robert Kyncl

“Di masa depan, industri musik akan memiliki kesempatan untuk menjadi besar dan lebih mirip dengan televisi, di mana saham dan kontribusi iklan kurang lebih sama dengan pendapatan, yang pada gilirannya didukung oleh penjualan digital dan fisik di industri musik,” tambah Kyncl.

Advertisement

Menurut peneliti pasar, Midia, satu miliar dolar adalah sekitar seperempat dari semua pengeluaran dari Youtube sejak tahun 2007. Menurut data Midia 2015 (740 juta dolar dolar AS) dividen meningkat pada tahun 2016 sekitar sepertiga. Blog entry Robert Kyncl berpendapat bahwa distribusi menunjukkan bahwa model iklan dengan spanduk adalah andalan dari lanskap musik streaming.

“Jelas bahwa industri kreatif memiliki mesin pertumbuhan yang kuat – langganan dan iklan – dan kami berharap untuk partisipasinya.” pungkas Kyncl.

(hrz)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.